Aplikasi Web

Aplikasi web merupakan aplikasi yang dibuat minimal dengan menggunakan HTML. Selain itu, aplikasi web masih bisa dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman maupun scripting yang lain seperti PHP, javascript, XML, CSS dan lain-lain. Namun, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, suatu aplikasi dapat dikatakan sebagai aplikasi web jika dibangung menggunakan HTML. Jadi, jika tidak terdapat HTML maka tidak bisa dinamakan sebagai aplikasi web.
Aplikasi web biasanya lebih sering digunakan dibandingkan dengan aplikasi desktop, mengingat untuk menjalankan sebuah aplikasi web tidak perlu dibutuhkan banyak perangkat. untuk menjalankan aplikasi web, minimal kita harus mempunyai komputer yang sudah terinstall browser dan terhubung dengan jaringan lokal maupun lokal. Dengan demikian kita sudah bisa menggunakan aplikasi web dengan catatan aplikasi web sudah terinstall pada server baik itu server lokal seperti local maupun hosting. Untuk penjelasan tentang localhost akan dijelaskan pada artikel selanjutnya.
Untuk membuat aplikasi web menurut saya bih mudah jika dibandingkan dengan membuat aplikasi desktop. Banyak sekali tools untuk membuat aplikasi web, baik itu yang gratis maupun yang berbayar, contohnya adalah dreamweaver dan bahkan notepad pun bisa digunakan untuk membuat aplikasi web. Selain itu, banyak juga layanan untuk membuat aplikasi web dengan mudah, yang kita lakuka hanya drop and drag saja, contohnya adalah http://www.webs.com. dan http://www.yola.com/. Dengan menggunakan layanan tersebut, kita tidak dituntut untuk bisa atau menguasai bahasa pemrograman web maupun memahami tentang tata cara mempublish web kita ke internet. Padahal, jika kita membuat aplikasi web secara manual untuk mempublish aplikasi web yang telah kita buat ke internet minimal kita membutuhkan  domain dan hosting. Tutorial untuk mempublish aplikasi web ke internet akan dijelaskan pada artikel selanjutnya.
Selain layanan pembuat apliksi web yang telah disebutkan diatas, masih ada layanan gratis lain yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi web diantaranya adalah joomla!, wordpress, dan blogger. Ketiga layanan tersebut disebut dengan CMS atau Content Management System. Untuk tutorial cara membuat aplikasi web menggunakan CMS gratis akan dijelaskan pada artikel selanjutnya

0 komentar:

Posting Komentar