Membuat Aplikasi untuk PDA

PDA (Personal Digital Assitant) sudah menjamur di negeri kita. Hanya yang disayangkan, kebanyakan pemakai PDA hanya untuk menggunakannya saja, padahal masih banyak yang bisa kita lakukan dengan memiliki PDA. Rata-rata pemakai PDA menggunakan sebagai alat bantu pengkoordinasi waktu dan jadwal, mungkin dengan sedikit menambah fitur bisa digunakan untuk mengirim SMS bahkan untuk browsing.
Bagi para teknisi, PDA bisa digunakan untuk mengkonfigurasi perangkat jaringan, contohnya Router. Atau dengan sedikit utak-atik di sana-sini bisa juga digunakan untuk mengukur gain antenna wireless kita. Malahan buat mahasiswa elektro, PDA bisa digunakan sebagai otak robot hasil rancangan mereka.
Banyak sekali merk, jenis dan platform PDA yang telah dikeluarkan. Untuk materi kali ini, penulis memfokuskan pada PDA PalmOS khususnya seri m1xx dan PalmV. Bagaimana juga dengan bahasa pemrograman yang digunakan? Apakah harus dengan Assembly? Tentu saja tidak. Sudah banyak pilihan bahasa yang bisa digunakan untuk men-develop aplikasi di PDA. Pada umumnya menggunakan Java atau C, tapi bisa juga dengan menggunakan Pascal atau malah Fortran. Bahasa Basic pun juga tersedia. Untuk yang lebih menyukai Java, bisa anda gunakan Waba atau SuperWaba VM. Bagi yang lebih cinta dengan bahasa C, bisa menggunakan gcc Cygwin yang dilengkapi dengan Palm SDK 3.5. Pagi pecinta pascal bisa menggunakan FreePascal atau HighSpeed Pascal. Untuk Basic ada SmallBasic atau NSBasic. Beberapa kompiler diatas adalah freeware bahkan ada pula yang opensource. Nah, tinggal pilih sesuai kebutuhan.
Dowload Tulisan Lengkap: luri-p

sumber : http://ilmukomputer.org/2008/11/25/membuat-aplikasi-untuk-pda/

0 komentar:

Posting Komentar